Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bius Umum?

Pengertian Anestesi

Pada hakikatnya anestesi atau pembiusan ada karena kebutuhan manusia untuk "tidak merasa sakit" ketika dilakukan tindakan pembedahan. Banyak sekali literartus terkait pengertian anestesi, namun dalam hal ini penulis akan menjelaskan sesuai dengan bahasa yang dapat dipahami pada kalangan masyarakat luas.

Anestesi adalah suatu tindakan yang diberikan kepada pasien untuk menghilangkan rasa atau menghilangkan rasa nyeri saat dilakukan tindakan pembedahan.
Ada beberapa teknik anestesi atau macam jenis anestesi yang paling banyak diberikan :

Anestesi Umum

Anestesi umum adalah suatu tindakan anestesi yang tujuan menghilangkan rasa sakit secara central yang disertai hilangnya kesadaran yang bersifat reversible. Artinya pasien yang dilakukan pembiusan umum atau bius total pasien dibuat tidak sadarkan diri. Dengan kondisi itu pasien akan dikontrol oleh tenaga medis yang berwewenang dalam hal itu.

Dalam hal ini, pasien tidak dapat merasakan sensasi nyeri dan hilangnya kesadaran. Artinya dalam kondisi ini tentunya pasien  akan kesulitan bernapas, namun itu memang pasti terjadi. Setiap tenaga medis yang memang sudah ahli dalam bidang anestesi telah memperhitungkan sejauh mana kesadaran pasien yang akan dihilangkan dan pasien tidak akan merasa nyeri saat dilakukan operasi. Dalam hal ini kendali pernapasan akan dipantau secara ketat oleh tenaga medis anestesi. 

Mungkin banyak orang bertanya, pasien dibuat tidur dan dibuat tidak sadar, apakah pasien saat dibius tidak bangun ketika merasa nyeri yang hebat?

Tenang ...... 

Setiap pasien yang dilakukan tindakan pembiusan umum/total dokter dan tim anestesi akan selalu memastikan pasien tidak merasakan nyeri selama pembedahan belum selesai, mereka menilai setiap nyeri dan kesadaran setiap pasien yang dilakukan operasi tidak berdasarkan pasien yang bangun dari tidurnya atau pasien berteriak sakit, setiap pasien yang dilakukan operasi dengan pembiusan umum terpasang alat monitoring canggih yang dapat menilai itu semua.

Berdasarkan pengalaman pasien yang dilakukan pembiusan umum selama operasi, pasien tidak dapat mengingat apa yang terjadi saat dilakukan pembedahan, bahkan pasien selalu bertanya apakah saya sudah dioperasi?

Namun memang tindakan anestesi umum ini ada efek sampingnya, efek samping yang paling sering timbul adalah kepala terasa pusing dan mual muntah. Untuk mengatasi hal itu setiap tenaga medis biasanya akan melakukan premedikasi (atau antisipasi efek samping dari pembiusan total) itu biasanya dilakukan oleh dokter 1 jam sebelum operasi, sehingga efek samping setelah pembiusan umum dapat diminimalisir dengan baik.

Jadi itu lah sedikit ulasan tentang apa itu bius umum?

Apakah ada Pertanyaan?

Dapat diisi dikolom komentar.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Bius Umum?"