Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Operasi itu Menakutkan?

Operasi adalah

Apakah Operasi Itu Menakutkan?

Nah...
Nah sobat mari kita ulas tentang bagaimana operasi bedah itu berlangsung 

Pengertian Operasi 

Operasi adalah suatu tindakan pembedahan yang dilakukan oleh tenaga medis dengan cara membuat luka dibagian tubuh untuk alasan atau tindakan pengobatan.

Bagaimana Sich OPerasi Itu Berlangsung ?

Sekarang kita akan mulai dengan pasien hamil yang kondisi kehamilannya tidak dapat dilahirkan secara normal.
Pasien yang dinyatakan akan dilakukan operasi tentunya melalui prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak rumah sakit. beberapa ketentuan pasien yang akan dilakukan operasi harus melalui beberapa proses diantaranya :
  1. Pasien akan dianjurkan untuk puasa, puasa yang dianjurkan adalah 8 jam sebelum operasi, sebaiknya sebelumnya pasien mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebagai energi saat pemulihan pasca operasi
  2. Pasien akan dianjurkan untuk beristiraht yang cukup
  3. Pasien akan dianjurkan untuk lebih tenang agar tidak stress
  4. Pasien akan diminta persetujuan tindakan operasi maupun pembiusan

Proses Berjalannya OPerasi 

Operasi dimulai dengan tindakan pembiusan, setiap pasien akan dilakukan tindakan pembiusan agar operasi tidak sakit. dalam hal pembiusan terdapat 2 teknik pembiusan :
  1. Pembiusan total adalah dimana pasien dibuat tidak sadarkan diri, dalam hal ini obat yang dimasukan melalui media selang infus, itu artinya saat obat dimasukkan tidak menimbulkan sakit, dan pasien akan langsung tidak sadarkan diri. Selama proses tersebut pasien tidak akan merasakan sakit, dan pasien juga akan lupa dengan kejadian saat operasi.
  2. Pembiusan Lokal, hal ini paling sering diterapkan pada pasien secio cecaria atau sesar. Pasien akan diberikan obat melalui suntikan obat bius ditulang bagian belakang. Dalam hal tersebut pasien biasanya akan merasa nyeri saat dilakukan pembiusan, namun itu berlangsung sangat singkat. Pasien dengan pembiusan lokal akan merasa kesemutan, kaki terasa kebas, bahkan tidak dapat digerakkan, namun hal ini tidak berlangsung lama biasanya sekitar 1 sampai 2 jam. Pasien dengan pembiusan lokal dapat sadar penuh, dan dapat mendengarkan semua percakapan tim operasi, namun biasanya tim anestesi akan mengajak pasien untuk bercerita untuk menghilangkan stress.
Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa segala bentuk pasien operasi, tim operasi akan memastikan bahwa pasien tidak merasakan nyeri atau keluhan lainnya,, karena saat operasi banyak tim yang berkerja dan setiap tim selalu menanyakan keluhan pasien selama operasi, dan berusaha untuk mengatasi keluhan pasien dengan cepat.

Nah sobat, bagaiman ulasan singkat tentang operasi....
bisa ditanyakan apabila ada pengelaman saat operasi, atau mau bertanya seputar tindakan operasi 

Ditulis Oleh
Sodri Suseno (Tim OPerasi)

1 komentar untuk "Apakah Operasi itu Menakutkan?"